TantanHilyatana.com

membentuk rutinitas harian

Memulai Habits Baru Supaya Konsisten. Berapa Lama Harus Anda Lakukan?

Konsistensi… gimana caranya?

Ingin konsisten jogging 3 kali tiap minggu…

Ingin konsisten menamatkan 2 buku tiap bulan…

Atau apa pun itu yang Anda ingin capai… 

Saat ini mungkin komitmen dan motivasi Anda sangat kuat, sehingga Anda berhasil melakukannya selama 2 bulan.

Tapi 2 bulan berlalu Anda balik lagi ke kebiasaan lama… Tidak ada lagi jogging rutin, bahkan dalam sebulan tidak sama sekali. Tidak ada lagi baca buku, bahkan dalam sebulan tidak sama sekali membaca 1 halaman pun.

Anda tidak sendiri, kenyataannya itulah yang terjadi pada kebanyakan orang.

Tapi saya punya beberapa tips yang bisa saya share, untuk merubah habit (kebiasaan) sehingga bisa konsisten melakukan hal-hal yang Anda inginkan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Ohya, saya bukan ahli (expert) dalam hal ini. Tapi saya sedang melakukan tindakan untuk menjalankan habit yang saya inginkan dengan konsisten.

Jika Anda ingin belajar dari ahlinya, silakan ke James Clear lewat bukunya Atomic Habits.

Atomic Habits by James Clear

 

Set your environment

Ketika sedang kerja di depan laptop dan handphone ada di samping Anda, yang terjadi Anda akan terganggu setiap kali ada notifikasi di handphone.

“Apa yang kamu lihat adalah yang kamu pikirkan”. Seharusnya fokus kerja, tetapi karena handphone ada dalam jangkauan mata, maka pikiran akan terganggu oleh notifikasi handphone.

Oleh karena itu mengatur/menata lingkungan atau keadaan sekitar (set your environment) harus Anda lakukan untuk mendukung habit produktivitas Anda.

Jauhkan handphone dari pandangan Anda, simpan handphone di ruangan yang berbeda, atau simpan di dalam laci meja Anda, dan handphone harus mute. Atau simpan di dalam tas Anda. Dan jika terpaksa handphone berada di samping Anda, posisikan handphone terbalik sehingga Anda tidak bisa melihat notifikasi.

Contoh lain ketika Anda berkomitmen untuk jogging tiap pagi. Anda harus siapkan semua peralatannya sehari sebelumnya. Baju & celana olahraga serta sepatu olahraga harus Anda simpan di tempat yang mudah dijangkau. Bahkan Anda bisa simpan sepatu di samping ranjang Anda atau di depan pintu kamar tidur Anda.

Ketika ingin menjalankan habit rutin baca buku tiap hari, pastikan buku yang ingin Anda baca berada dalam jangkauan yang mudah Anda raih. Anda bisa simpan buku tersebut di samping bantal Anda, sehingga ketika bangun tidur Anda langsung melihat buku, dan sebelum tidur malam pun Anda melihat buku tersebut.

The art of showing up

James Clear menceritakan tentang seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Seseorang tersebut gak suka olahraga, tapi olahraga dan nge-gym adalah aktivitas yang harus dilakukannya. Akhirnya dia ke gym rutin dan hanya 5 menit berada di lokasi gym, ia lakukan selama 6 minggu.

Hanya 5 menit di lokasi gym? 🤔 Terus dapat apa kalau hanya 5 menit? Ngapain aja kalau cuman 5 menit? 🙄

Tapi ini adalah tentang “the art of showing up”, melakukan habit atau muncul berada di lokasi aktivitas habit tersebut. Sangat membantu untuk yang baru memulai rutinitas habit tersebut.

Dan 6 minggu pun berlalu, akhirnya dia bisa nge-gym secara rutin dan melakukan aktivitas workout di lokasi gym. Dan berhasil menurunkan berat badan 45 kg. 🎉

Habit baru memang aktivitas yang tidak biasa, kita belum terbiasa karena baru bagi kita… Oleh karena itu Anda perlu persiapan. Luangkan waktu 2-5 menit untuk memahami persiapan apa saja untuk aktivitas habit Anda.

Jika pergi ke gym misalnya Anda persiapkan apa pun yang Anda butuhkan, seperti pakaian olahraga, sepatu olahraga, botol minum, sampai dengan kendaraan untuk Anda pergi ke gym.

Dan ingat dengan “set your enviroment”, persiapkan segalanya sehari sebelumnya dan simpan di tempat yang mudah Anda jangkau. Sehingga akan lebih mudah untuk menjalankan aktivitas habit Anda.

“The art of showing up” juga yang dilakukan oleh James Clear ketika menjalankan habit mempublikasi 2 artikel seminggu di blognya. Jadwal publish artikel yang ia tetapkan adalah hari Senin dan Kamis. Walaupun hanya 3 kalimat, tetap harus dipublikasikan.

Sekarang James Clear punya

1 juta lebih newsletter subscribers…

dan bukunya Atomic Habits terjual lebih dari 4 juta copies.

Forget the improvement

Bagaimana mungkin improve (optimasi atau memperbaiki) aktivitas rutin nge-gym jika tidak pernah nge-gym. 

Bagaimana mungkin improve aktivitas rutin baca buku jika tidak baca buku sama sekali.

Artinya untuk memulai, Anda harus melupakan keinginan untuk sempurna. Perfectionist (ingin sempurna) seringnya akan mengintimidasi, sehingga justru malah mengganggu niat dan aktivitas. Bukannya memulai habit baru, malah Anda fokus mikirin untuk sempurna. Kapan mulainya?

Dan ingat dengan “the art of showing up”, yang penting Anda mulai lakukan. Just do it!

Tips

Dan saya ingin share tentang sedikit pengalaman saya ketika menjalankan habits baru, adalah tentang lama waktu menjalankan aktivitas habits tersebut.

Ada yang bilang 40 hari berturut-turut, ada yang bilang 3 bulan sampai dengan 6 bulan… Bahwa jika telah melewati waktu tersebut maka habits baru sudah terbentuk dan menjadi lifestyle, sudah menjadi bagian dari diri kita.

Tetapi menurut saya 40 hari tidak cukup, 3 bulan atau 6 bulan pun tidak cukup. Anda harus melakukan aktivitas habits baru tersebut paling sedikit selama 1 tahun.

Cukup perubahan kecil setiap hari tidak akan memberatkan/membebani Anda. Kecil atau sedikit perubahan setiap hari, konsisten selama 1 tahun. Maka habits baru tersebut akan menjadi bagian dari diri Anda yang tidak bisa dipisahkan.

Jangan berkompetisi dengan orang lain. Ini akan bikin stress dan membuat Anda tidak bahagia… Tetapi

berkompetisilah dengan diri Anda sendiri untuk menjadi 1% lebih baik setiap hari.