Ingin Meningkatkan Konversi Landing Page?

Konversi sebuah landing page terjadi melalui proses sebagai berikut:

Target market dari produk Anda mengunjungi landing page Anda, mereka mencerna informasi yang ada di landing page tersebut.

Ketika mengunjungi sebuah landing page, mereka akan melihat copywriting, design & layout, serta informasi produk.

Jadi, faktor konversi atau penyebab konversi adalah apa pun yang terlihat di landing page Anda – tanpa terkecuali. Yaitu: Offer, Copywriting, Design.

Offer

Adalah penawaran Anda. Apa pun yang Anda tawarkan di landing page tersebut. Misalnya produk, jasa, course, software, dan lain sebagainya.

Copywriting

Adalah content yang ada di landing page yang bertujuan untuk menyampaikan informasi produk (Offer) dan meyakinkan pengunjung untuk konvert (take action: beli, daftar).

Design

Adalah tampilan content, seperti warna, penempatan posisi (layout) content, penempatan video dan gambar, ukuran huruf, dan lain sebagainya.

3 hal tersebut yang diserap (dilihat, dibaca, dipahami, dipertimbangkan) oleh pengunjung ketika mereka melihat landing page atau halaman produk Anda.

3 hal tersebut dilihat secara bersamaan, artinya Anda tidak bisa mengenyampingkan atau tidak peduli pada salah satu bagian tersebut. Semuanya harus Anda optimasi – tanpa terkecuali!

Offer yang ”jelek” atau produk jelek yang Anda tidak bangga atau tidak yakin terhadap produk tersebut, tentu tidak akan membuahkan konversi. Anda saja tidak yakin, bagaimana pengunjung bisa yakin?

Copywriting yang “jelek” atau content copywriting yang tidak menarik, yang dibuat ngasal tanpa berdasarkan panduan yang jelas untuk menghasilkan konversi, tentu saja tidak akan bisa menyampaikan pesan dengan baik dan meyakinkan pengunjung.

Design yang ”jelek” atau asal-asalan saja, yang dibuat ngasal tanpa berdasarkan panduan yang jelas untuk menghasilkan konversi, tentu akan membuat bingung pengunjung dan pesan Anda susah dicerna atau dipahami. Dan bisnis Anda pun akan terkesan asal-asalan dan tidak professional, sehingga akan menurunkan kepercayaan. Kepercayaan turun atau kurang, maka begitu pula dengan konversi.

Tips Meningkatkan Konversi

Adalah turn features into benefits… Artinya bahasa fitur Anda sampaikan dalam bahasa manfaat.

Fitur adalah spesifikasi produk, fakta produk, fasilitas, atau bahan produk. Sedangkan benefits adalah manfaat dari fitur produk tersebut.

Tentu saja Anda harus menyampaikan fitur produk Anda, tetapi tidak dengan porsi yang menonjol. Sebaliknya manfaat yang harus Anda tonjolkan, Anda tonjolkan dengan cara taro di headline, di kalimat call to action, atau area lainnya.

Seringkali Anda terjerumus ke dalam bahasa fitur, karena saking Anda sendiri paham tentang produk Anda. Tetapi ingat, landing page Anda untuk dibaca target market, bukan untuk Anda!

Artinya fokus kepada target market, fokus kepada manfaat dan solusi produk Anda terhadap pengunjung. Bukan fokus kepada kehebatan produk Anda dengan fitur-fiturnya.

Bahasa fitur adalah bahasa yang tidak umum dan susah dipahami. Sebaliknya bahasa manfaat adalah bahasa atau kalimat umum yang mudah dipahami. Jika content Anda susah dipahami, bagaimana mungkin pengunjung bisa paham. Jika tidak paham, bagaimana mungkin terjadi konversi.

Ipod feature vs benefit

Dan seperti gambar diatas, bagaimana Ipod menyampaikan bahasa fitur menjadi bahasa manfaat atau value proposition bisnisnya. Dan Anda pun bisa seperti itu!

Berikut Google Sheet sebagai referensi dan latihan Anda untuk membuat bahasa fitur menjadi bahasa manfaat.

Features to Benefits https://docs.google.com/spreadsheets/d/1XM96LzTyVObEbIHf15BIX78ebUG7AeaMLvVHMC-clVM/edit?usp=sharing 

[Video]

Yuk kita lanjutkan…

Ini adalah solusi untuk Anda yang ingin serius meningkatkan konversi… Konversi naik artinya semakin banyak yang beli produk Anda…

Berikut premium course dengan DISKON spesial untuk Anda.

Bingung nulis headline yang menarik?
Bingung nulis copywriting yang convert?
Content apa saja yang harus Anda sampaikan?
Cara penempatan posisi dan design yang baik untuk konversi gimana?

Dan masih banyak lagi… Akan Anda temukan solusinya di course berikut.

[hfe_template id='1939']

Sampai ketemu di members area,

[hfe_template id='1785']