Ingin Mendatangkan Banyak Traffic Tertarget ke Penawaran Anda?

Gampang! Tinggal sewa digital agency yang bisa mendatangkan traffic tergarget, baik itu lewat Google Ads, Facebook Ads, SEO, atau apa pun itu…

TAPI gak gitu juga… 😆

Apa pun kondisi Anda, baik itu baru memulai bisnis dari nol, atau sudah establish dengan omset milyaran, Anda harus pahami konsep dasar traffic. 

Misalnya Anda punya uang untuk bayar digital agency pun, tapi minim pengetahuan, maka hasilnya pun tidak akan membuat Anda senang. Karena jika hanya uang tanpa pengetahuan, maka tidak akan memberikan solusi. Tapi dengan pengetahuan tanpa uang, Anda tetap bisa.

Money + Knowledge = 👎
Money + Knowledge = 👍
Money + Knowledge = 👍

Jenis Traffic

3 jenis traffic ini pertama kali saya tahu dari buku Dot Com Secrets by Russell Brunson. Yaitu:

  1. Traffic You Don’t Control
  2. Traffic You Control
  3. Traffic You Own

Traffic You Don’t Control

Adalah traffic yang Anda tidak bisa kontrol. Biasanya traffic organic yang tanpa bayar iklan. Berikut  beberapa contohnya.

SEO (Search Engine Optimization)

Adalah usaha yang Anda lakukan supaya artikel atau website Anda berada di halaman pertama pencarian kata kunci di search engine atau mesin pencari (Google, Bing).

Social Media

Adalah usaha yang Anda lakukan supaya content Anda dilihat banyak orang, atau umumnya kita sebut viral. Content yang viral tentu saja banyak yang lihat, banyak reaksi, dan banyak komentar.

Kesamaan SEO dan social media, sebagian besar sebab traffic yang Anda dapatkan adalah karena pihak lain. Pihak lain disini artinya search engine (Google dengan algoritma search engine nya).

Atau content viral yang ditentukan oleh orang-orang pengguna Internet. Content viral dengan banyak nya share, reaksi, komentar… Semua itu orang lain yang melakukan.

Tugas Anda hanya membuat content terbaik dan mengikuti algoritma SEO atau social media (Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, Pinterest).

Oleh karena itu disebut Traffic You Don’t Control, karena memang kontrolnya bukan di kita, tapi di pihak lain.

Traffic You Control

Adalah traffic yang Anda bisa kontrol. Biasanya traffic iklan berbayar. Berikut  beberapa contohnya.

Google Ads
Facebook Ads

Atau iklan lainnya

Kenapa iklan berbayar termasuk traffic yang bisa kita kontrol? Karena memang kita yang kontrol. Walaupun berada di platform lain yang bukan punya kita (Facebook, Google), tetapi kita yang kontrol budget nya, kapan mulai iklan, kapan iklan berhenti, landing page nya, dan lain sebagainya kita sendiri yang atur dan tentukan.

Traffic You Own

Atau traffic yang Anda miliki adalah database kontak lead dan customer Anda. Database kontak (Email, WhatsApp, dll) yang Anda simpan dan kelola dengan rapi dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Kemudian Anda mengirimkan content untuk menjalin hubungan dan berinteraksi.

Apa pun cara Anda mendatangkan traffic, ujung-ujungnya harus menjadi Traffic You Own. Traffic yang tidah hanya Anda punya kontrol penuh, tetapi juga Anda miliki.

Dan database kontak bukan sekedar Anda kumpulkan, karena kalau cuman ngumpulin tetapi tidak Anda gunakan (kelola dengan benar) itu artinya gak berguna, gak ada manfaatnya, atau sama dengan percuma.

Aktivitas tersebut biasa disebut dengan List Building. Kalau cuman mengumpulkan atau mendapatkan kontak itu artinya list collecting, bukan List Building. 😃

Tips List Building

Segmentation

Artinya mengelompokkan database kontak berdasarkan jenisnya. Yang beli produk A jangan Anda campur dengan yang beli produk B. Mereka yang jenisnya lead (belum pernah beli produk Anda) jangan dicampur dengan customer (pernah beli produk Anda).

Dengan melakukan segmentation maka Anda bisa mengirimkan content yang relevan ke jenis kontak tersebut. Pesan yang relevan akan meningkatkan ketertarikan dan meningkatkan konversi produk Anda.

Engage

Artinya melakukan komunikasi dengan cara mengirimkan content. Untuk apa Anda punya database kontak tapi gak pernah Anda kirimkan content?

Automation

Adalah otomatisasi marketing yang melibatkan segmentation otomatis, kirim content otomatis, dan otomatis merespon sesuai dengan prilaku kontak atau jenis kontak.

Hal ini biasa disebut dengan Marketing Automation, adalah aktivitas marketing yang bisa menyampaikan content relevan ke audience tertarget di saat yang tepat – secara otomatis.

Yuk kita lanjutkan…

Jika tidak ada traffic, bagaimana mungkin orang-orang tahu tentang bisnis/produk Anda… 

Jika tidak ada yang tahu tentang produk Anda, bagaimana mungkin terjadi sales…

Jika traffic tidak tertarget, yang terjadi konversi akan sangat kecil. Dan ini akan menguras banyak waktu dan tenaga Anda – bahkan uang – tanpa mendapatkan hasil yang memuaskan. Seperti menawarkan pendingin ruangan ke orang-orang yang tinggal di daerah bersalju.

Dan ketika Anda sudah mengumpulkan database kontak, selanjutnya bagaimana? Content apa yang harus dikirimkan? Cara pengelompokkan database kontak seraca otomatis gimana caranya? Dan lain sebagainya…

Dan berikut premium course dengan diskon spesial untuk Anda. Sehingga Anda bisa mendatangkan traffic tertarget, otomatisasi marketing, dan melakukan List Building (Traffic You Own) yang memberikan hasil maksimal.

Berikut premium course dengan DISKON spesial untuk Anda.

[hfe_template id='1939']

Sampai ketemu di members area,

[hfe_template id='1785']