Premium Webinar Indonesian Digital Entrepreneur (IDE). Klik gambar berikut untuk info detail dan pendaftaran:

Yuk kita kenalan! Terhubung dengan Tantan Hilyatana serta dapatkan tips dan strategi Bisnis Online dan Digital Marketing melalui platform berikut:

Tantan Hilyatana

Kekurangan, kendala, dan masalah itu biasa. Hadapi dengan yakin, berusaha yang terbaik, dan berdoa.

Tantan Hilyatana dikenal sebagai praktisi Digital Marketing, Copywriter, dan Marketing Funnel expert di kalangan digital product creator dan affiliate marketer.

Awal mulanya ia dikenal di tanah air karena menjadi salah seorang dari Indonesia yang sukses melakukan product launch di market Internasional yang menghasilkan six figure (lebih dari $100,000) dalam waktu kurang dari 2 minggu – berkali-kali. Dan pencapaian ini hanya bisa diraih oleh segelintir orang Indonesia (tidak lebih dari hitungan jari tangan kanan Anda).

Sekarang dia memiliki misi untuk memperkenalkan Digital Marketing di tanah air. Agar para pebisnis di Indonesia bisa menjalankan Digital Marketing dengan lebih efektif dan efisien, serta menghasilkan pertumbuhan bisnis lebih maksimal.

Dengan alasan atau latar belakang pendidikan jurusan Filsafat, saya berpikir bahwa saya harus menentukan sendiri arah karir saya. Karena tidak ada yang namanya lowongan kerja untuk filsuf 😬

Mereka yang dari jurusan keguruan atau pendidikan beruntung sekali, karena lowongan menjadi guru atau dosen sangat berlimpah. Jurusan ekonomi, manajemen, teknologi informasi, hukum, dan lain sebagainya pun banyak sekali lowongan kerjanya.

Saya seolah-olah tersesat, ini dialami juga oleh teman-teman satu jurusan. Yang tadinya kami 2 kelas (total lebih dari 70 mahasiswa), menyusut menjadi 1 kelas. Salah jurusankah? 😲

Keadaan tersesat dan kesendirian ini terbukti ketika saya melamar kerja, tak satu perusahaan pun yang mau menerima saya. 😢 Orang tua dan adik-adik pun mencoba membantu dengan mengajak untuk melamar jadi PNS. Ketika ada jadwal CPNS, mereka selalu membujuk saya untuk daftar. Tapi selalu saya tolak, karena saat itu keputusan saya sudah bulat untuk berkarir di bisnis online.

Karena tidak ada karir pekerjaan yang jelas untuk jurusan Filsafat dan saya selalu ditolak ketika melamar kerja, bisnis online adalah keputusan saya dan saya tidak menyesal telah memilih jurusan Filsafat. Saya memilih jurusan Filsafat karena memang saya suka dengan logic dan critical thinking, Filsafat telah mengajarkan saya banyak hal untuk mengarungi hidup.

Tapi saya mau sampaikan sedikit hal tentang Filsafat, yang mungkin teman-teman sudah cukup tahu bahwa Filsafat identik dengan “sesat”. Dan saya pun tidak bisa pungkiri, karena saya sendiri mengalami langsung di lingkungannya selama kuliah di UIN Bandung, baik itu cara berpikirnya dan bertindaknya. 😬 Jangan salahkan Filsafatnya, tapi salahkan orangnya.

Balik ke bisnis online… Ketika mulai menghasilkan income secara online, saat itu tahun 2007… market di Indonesia belum kondusif. Artinya saat itu tidak bisa menghasilkan income secara online di Indonesia. Ditambah lagi komunitas gak ada, tempat belajar apa lagi, kopdar mana ada. Beda dengan jaman sekarang yang serba mudah (fasilitas, komunitas, tempat belajar, dan lain sebagainya).

Dengan bekal seadanya, komputer gak punya dan bahasa Inggris gagap, saya pun memberanikan diri terjun ke market Internasional. Dan Alhamdulillah bisa menghasilkan income Dollar dengan cara menawarkan diri menjadi penjaga warnet supaya bisa online dan menggunakan komputer warnet.

Anak jaman now mungkin gak tau apa itu warnet 🤪 Warnet adalah tempat sewa komputer dan Internet, kepanjangan dari Warung Internet.

Di tahun 2007 – 2011, santapan kami adalah paid review, jual beli backlink, SEO, affiliate Amazon, affiliate Clickbank, blog. Gak ada namanya online shop seperti sekarang.

Tantan Hilyatana

Bergaul dengan orang-orang positif, mereka yang optimis, mendukungmu, memiliki visi yang sama, dan mereka yang lebih baik serta lebih sukses darimu.

Sampailah di tahun 2011 – 2013 saya mulai belajar dan praktek menjadi digital product creator. Saya memilih digital karena memang waktu itu untuk jualan produk fisik masih kurang kondusif. Dan jualan produk digital amat sangat hemat, apalagi kalau produknya bikin sendiri. Tanpa biaya pengadaan barang atau biaya produksi barang fisik.

Dan Alhamdulillah Rp 1 MILYAR pertama saya adalah dari produk digital, yang diraih dalam waktu yang relatif singkat – kurang dari 2 minggu.

Tidak peduli latar belakang mu (pendidikan, keluarga, lingkungan, dst), kamu bisa menjadi apa pun cita-citamu.

Yuk kita kenalan! Terhubung dengan Tantan Hilyatana serta dapatkan tips dan strategi Bisnis Online dan Digital Marketing melalui platform berikut:

Saya lakukan sendiri semuanya, mulai dari graphic design, coding, riset dan rancangan produk (WordPress theme), copywriting, marketing, JV manager, dan lain sebagainya.

Lagi-lagi karena keterbatasan diri dan keadaan, saya harus melakukan semuanya sendiri karena waktu itu saya gak punya team dan gak ngerti cara bangun team, SDM nya pun masih sangat jarang di Indonesia.

Dengan kondisi finansial yang belum pernah saya alami sebelumnya, saya pun leluasa untuk riset, eksperimen, dan investasi leher ke atas atau upgrade diri. Bahkan online course seharga Rp 27 juta atau $1,997 pun saya beli. Karena saya percaya bahwa upgrade diri (ilmu, skill, wawasan, pengalaman) tidak akan pernah membuat rugi sama sekali.

Saya mulai membangun team, mulai menggarap bisnis baru (bahkan yang di luar bisnis online), networking pun bertambah, belajar dan eksperimen hal-hal baru… Sampai dengan sekarang.

Investasi leher ke atas dan upgrade kapasitas diri tidak akan pernah merugikan. Jangan pelit untuk investasi peningkatan ilmu, skill, wawasan, dan pengalaman baru.

Di akhir tahun 2017, seolah-seolah saya balik ke Indonesia dari petualangan saya (secara online) di market luar negeri (Internasional)…

Dan ternyata sudah jauh berbeda, di Indonesia menjadi lebih kondusif, Facebook sudah rame, marketplace mulai makin marak, peluang-peluang baru bermunculan, sudah banyak orang-orang yang telah teredukasi untuk online, komunitas dan kopdar pun tidak susah, tempat belajar cukup banyak, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.

Alhamdulillah… Indonesia sudah lebih baik dan melek Internet 😀 👍

Dan saya pun berubah, jika di awal saya memulai bisnis online untuk menghasilkan income untuk diri sendiri dan menghidupi keluarga, sekarang saya ingin income tersebut untuk bisnis saya. Artinya bukan untuk diri sendiri saja, tapi untuk bisnis itu sendiri yang “menafkahi” karyawannya dan memberikan solusi untuk para customer nya.

Tantan Hilyatana

Banyak memberi dan berbagi kepada sesama dengan ikhlas, maka kamu akan mendapatkan imbalan yang lebih banyak lagi.

Yuk kita kenalan! Terhubung dengan Tantan Hilyatana serta dapatkan tips dan strategi Bisnis Online dan Digital Marketing melalui platform berikut: